Selasa, 28 Juni 2011

BAB II TANDA KUNCI


Baca (tidak usah dinyanyikan) not-not lagu “Jaranan” berikut ini :
 
Tahukah kamu mengapa not yang terletak pada garis ke-2 dibaca sol, yang terletak di garis pertama dibaca mi, yang di garis ke-3 dibaca si, yang di spasi pertama dibaca fa dan seterusnya ?
Untuk menjelaskan ini, kita perlu mengetahui kunci lagu tersebut dari tanda kunci yang digunakan. Tanda kunci adalah tanda yang menunjukkan letak sebuah not. Not adalah gambar, angka ataupun huruf yang melambangkan sifat-sifat nada ataupun bunyi, khususnya yang menyangkut tinggi-rendah nada (pitch) dan panjang pendek nada (durasi).
Jika sebuah not sudah ditentukan letaknya pada balok not atau paranada/sangkar nada, maka akan mudah mengetahui not-not lainnya.
Tanda kunci dalam musik ada tiga macam yaitu kunci G, kunci F, dan kunci C. Sekarang kita pelajari dahulu tentang kunci G. Tanda kunci G adalah tanda kunci yang menunjukkan letak nada g pada garis ke-2 dalam sangkar nada/paranada/balok not.
Perhatikan awal mula terbentuknya tanda kunci G yang berasal dari huruf G berikut ini :
 
Perhatikan cara menulis tanda kunci G :
 
Caranya yaitu dimulai dari bawah, berakhir pada lengkung, dan ujung lengkung harus mengenai garis ke-2 dari balok not di mana garis ke-2 tersebut adalah letak nada g.
Karena nada g terletak pada garis ke-2 maka mudah diterka not-not yang berada di atas dan di bawahnya. Coba sebutkan nama mutlak not-not berikut ini :


Mempelajari tempat not saja belum cukup. Yang lebih penting adalah bagaimana cara menyanyikannya. Marilah kita belajar menyanyikan not-not pada balok not dengan solmisasi. Untuk sementara not kita tulis dalam bentuk simbol saja belum berbentuk sempurna. Lakukan latihan berulang-ulang sampai paham benar. Jaga agar jarak membunyikan antar not-not tersebut sama. Ketuklah pada tiap-tiap not.

Latihan 1.
Latihan 2.
 Latihan 3.
 Latihan 4.
 Latihan 5.
 Latihan 6.
 Latihan 7.
 Latihan 8.
 Latihan 9.
 Latihan 10.


Tugas :
  1. Bacalah nama mutlak kesepuluh latihan tersebut di atas !
  2. Sebutkan tempat not-not e, g, b, f dan a pada balok not !
  3. Apakah yang dimaksud tanda kunci ?
  4. Apakah fungsi tanda kunci G ?
  5. Gambarlah tanda kunci G pada balok not dengan benar !











 

4 komentar:

  1. pelajaran kelas 7 ni ea pak...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ni blajar ngeblog. trimakasih sudah komentar.

      Hapus
  2. not yang bernilai 1/2 ketuk bisa di gandeng dan bisa jg diberi bendera ya?
    bingung...

    BalasHapus
  3. ya bisa. not yang bernilai 1/2 ketuk bisa digandeng dengan not 1/2 ketuk atau dengan not lainnya asalkan not tersebut berbendera juga. dan not yang bernilai 1/2 ketuk memang berbendera satu.

    BalasHapus